Beberapa tips merawat dan menggunakan komputer/laptop kantor secara bijak.


Image
Pada beberapa instansi, laptop adalah sebuah fasilitas pendukung kerja atau bahkan kadang menjadi bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan. Instansi memberikan fasilitas laptop ini dalam kerangka penunjang kerja dan optimalisasi penerapan TI di lingkungannya.

Tidak jarang laptop tersebut dilungsurkan (dialihkan) ke pejabat/staf yang lebih rendah disaat jajaran pimpinan mendapatkan giliran upgrade laptop. Ada baiknya laptop tersebut dirawat dengan baik sehingga saat aset-aset tersebut digunakan oleh pihak lain-pun masih dalam keadaan baik. Hal tersebut diharapkan akan memperpanjang masa investasi TI pada sebuah institusi. Selain itu terkadang penggunaan yang asal-pakai akan menimbulkan sakit hati bagi pihak pimpinan yang telah dengan baik hati memberikannya secara cuma-cuma atau dari rekan kerja yang tidak mendapat fasilitas yang sama. Imbasnya selain mengurangi kemungkinan kerugian finansial tips-trik ini juga akan mengurangi konflik organisasi. Adapun tips-trik perawatan dan penggunaan komputer/laptop secara bijak antara lain sebagai berikut:

  1. Perhatikan pengecasan. Lakukan pengecasan secara penuh, jangan setengah-setengah. Misalkan, saat batere masih 50% dilakukan pengecasan, hal tersebut musti dihindari, sebab jika hal tersebut dilakukan secara sering maka umur pemakaian batere akan semakin cepat habis. Segera cabut charger jika pengisian batere telah penuh, hindari pengecasan malam hari. Sebab seringkali terjadi, pengecasan tersebut akan berlangsung lama padahal batere sudah full. Hal tersebut juga akan mengurangi umur batere. Hindari pengecasan batere saat sedang digunakan. Usahakan terdapat waktu khusus untuk pegecasan dimana laptop dalam keadaan mati.
  2. Hindari penggunaan Laptop berdekatan dengan cairan. Hal ini menambah resiko kerusakan. Resiko minuman tumpah dan merusak sirkuit laptop. Biasanya kerusakan demikian tidak dikover oleh garansi. Selain itu, data-data penting kemungkinan hilang dan mengganggu kinerja diri sendiri dan orang lain.  
  3. Hindari terlalu sering melakukan hibernate, sesekali lakukan shut-down. Laptop generasi terbaru dilengkapi dengan fitur hibernate yang sangat praktis dan nyaman untuk pengguna. Pengguna dengan cepat me-resume pekerjaannya kapanpun diinginkan. Namun pada beberapa laptop tidak didesain untuk menggunakan fitur ini secara sempurna. Terkadang ada yang nge-hang atau malah BSOD saat resume dari keadaan hibernate. Disarankan untuk selalu menggunakan shut-down, lakukan hibernate disaat diperlukan saja.
  4. Hindari langsung memasukkan laptop ke dalam tas sesaat setelah laptop mati. Laptop mengeluarkan kalor yang jika tidak di salurkan keluar/didinginkan akan merusak komponen didalamnya. Laptop yang baru saja dimatikan masih memiliki panas yang masih akan berada di laptop jika langsung disimpan di tas laptop.
  5. Hindari pemasangan perangkat lunak malware dan bajakan. Perangkat lunak bajakan memiliki beberapa software trojan/malware didalamnya. Jika ingin memasang perangkat baru yang tidak diketahui silakan konsultasikan dengan ka. Lab atau Ka. PUSI.
  6. Hindari penggunaan oleh anak-anak. Terkadang tanpa kita sadar ada kalanya saat laptop dibawa pulang, anak-anak menganggap laptop kerja/fasilitas kampus adalah sebuah mainan atau milik pribadi. Mereka tidak mengerti bahwa itu hanya titipan dan memiliki korelasi erat dengan pekerjaan sehingga mereka dengan sembarangan menggunakannya. Hindari penggunaan semacam ini dan beri pengertian kepada anak-anak. Selain itu, hal ini juga menimbulkan kecemburuan di lingkungan kerja. Bisa jadi rekan kerja tidak atau belum mendapatkan fasilitas laptop, namun dengan enaknya pejabat yang dititipi laptop meminjamkan kepada anak-anaknya dan hal tersebut bukan untuk keperluan kantor namun untuk ngegame. Perlu diingat juga bahwa laptop tersebut adalah milik institusi bukan pribadi.
  7. Lakukan disk check dan defragment secara periodik. Hal ini diperlukan agar performa komputer terjaga dan up-and-running saat dibutuhkan. 
  8. Hindari menyimpan data terlalu penuh, ikuti saran dari windows, jika warna partisi sudah merah, pindahkan data yang tidak diperlukan.
  9. Lakukan pengelolaan berkas dengan teknik yang benar, hindari duplikasi berkas dan waste-of-resources dengan teknik e-filing yang baik.
  10. Lakukan Back-up secara berkala. Mesin, sehebat apapun yang diciptakan oleh manusia pasti ada kekurangan dan kegagalannya. Maka dari itu, adalah lebih baik untuk melakukan pencegahan terhadap masalah kerusakan/kehilangan data dengan melakukan back-up. Lakukan back up tidak hanya satu lokasi, namun lakukan itu di beberapa tempat maupun media back-up.
  11. Pasang perangkat lunak anti-virus. Jika anda kurang paham mengenai virus dan tidak begitu mengikuti dunia virologi komputer, disarankan untuk melakukan pemasangan dan lakukan perbaruan perangkat antivirus.
  12. Hati-hati dalam meninggalkan laptop. Kehilangan laptop kerja selain akan menghambat kerja personal juga akan menghambat kerja organisasi. Selain itu resiko data strategis institusi hilang dan tersebar keluar akan lebih besar.
  13. Hindari penggunaan yang berlebih pada laptop. Kecuali jika laptop anda kelas premium anda disarankan untuk membatasi penggunaan laptop. Jika anda bekerja secara terus menerus selama 8 jam dengan menggunakan laptop, berikanlah waktu istirahat bagi laptop tersebut beberapa jam. Hal tersebut selain akan mengurangi beban kerja laptop yang bersangkutan juga akan membuat beban pikiran anda juga berkurang. 
  14. Letakkan laptop pada permukaan yang datar dan stabil, jangan taruh di atas bantal. Emang daun?

Demikian beberapa catatan mengenai bagaimana merawat laptop titipan. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a comment