Cara Mendapatkan Rasa Hormat dari Orang Lain


Banyak orang mengeluhkan bagaimana orang lain tidak menaruh rasa hormat pada dirinya. Mereka menuntut rasa hormat tanpa melakukan usaha untuk earn (mendapatkan) hormat tersebut.

Tidak terkecuali dosen, pejabat, maupun suami/istri. Ada dosen yang nggak dihormati oleh mahasiswanya, ada pejabat yang merasa bawahan mereka seakan tidak mendengarkan perintah mereka. Bahkan di dalam lingkup organisasi paling kecil yaitu keluarga, ada suami yang memberikan sebuah keputusan tidak didengarkan oleh istri atau anaknya.

Jika saya perhatikan kadang orang yang tidak mendapatkan respect ini tidak berusaha untuk menghormati orang lain. Mereka beranggapan bahwa mereka bahwa orang lain harus menghormati mereka hanya karena mereka menjabat atau memiliki status terhormat. Sikap-sikap ini menyebabkan mereka tidak mendapatkan respect yg semestinya mereka dapat.

Bersikap sopan
Dengan Bersikap sopan baik dengan istri, bawahan, mahasiswa atau anak kita maka hal tersebut akan menimbulkan rasa respect.

Menghargai orang lain
Saya pernah melihat oknum dosen yang saat diajak konsul oleh mahasiswanya sering kali meremehkan mereka. Mereka melakukan kegiatan lain selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh mahasiswa tersebut, sebaliknya, mahasiswa sering bicara sendiri saat dosennya ngasih kuliah. Ada kalanya ada orang yang saat diajak berbicara oleh orang lain memutar mata dan melakukan sikap mengejek lainnya seperti menertawakan, mengeluarkan lidah atau membuat mimik wajah yang mengejek. Jika ingin orang lain hormat padamu, hargailah orang lain dengan bersikap yang baik. Jaga diri anda dari memposting sesuatu yang mengejek orang atau penampilan orang. Kok rambutnya hijau, atau kulitnya ungu dsb.

Mendengar dengan aktif.
Banyak sekali orang yang ingin didengarkan tapi nggak mau mendengar. Kegiatan mendengarkan orang adalah kegiatan aktif, tidak bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan lain. Pelajarilah itu, Google aja ‘active listening’.

Ringan tangan
Biasakan diri anda memperhatikan sekitar anda, jika melihat ada istri anda, rekan anda atau orang lain butuh bantuan, bantulah mereka semampu anda. Tapi hati hati jika ada melihat istri tetangga butuh bantuan – kecuali jika memang keadaan sangat darurat, jangan coba membantu.

Demikianlah beberapa tips agar orang memberikan rasa hormat pada diri anda. Nah jika anda sudah berusaha melakukan hal hal diatas tapi nggak mendapat respect orang lain, maka ketahuilah, mereka adalah orang yg dikenal sebagai orang orang yang tidak pantas dihormati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s