RAHASIA BISNIS ORANG JEPANG (review)

rahasia sukses orang jepang *sumber - bukukita*

Buku karya : Ann Wan Seng

Buku yang satu ini merupakan buku yang menceritakan bagaimana orang Jepang bisa sesukses sekarang ini. Menjadi salah satu bangsa di dunia yang memiliki resource (baik SDM maupun SDA) yang terbatas akan tetapi mampu mencapai predikat sebagai negara maju diantara negara di kawasan Asia yang pada umumnya adalah negara berkembang.

Bagaimana bisa bangsa yang tidak memiliki sumber daya alam yang cukup, punya fisik yang kecil, kemampuan bahasa asing yang minim, dan sering mengalami gempa mampu bersaing dan bahkan mampu menjadi bangsa yang berhasil dan berpengaruh di dunia. Banyak penelitian di bidang sosioekonomi yang sering memakai bangsa Jepang sebagai obyek penelitian dengan tujuan mengetahui faktor yang menjadi penentu kesuksesan Jepang.

Pada bagian awal buku ini, diceritakan tentang kebangkitan Jepang setelah serangan Amerika Serikat dan sekutu. Betapa besar kebencian negara barat dalam memerangi Jepang baik secara militer maupun secara sosial ekonomi. Betapa porak-poranda keadaan saat itu. Hancur total oleh bom atom/nuklir Amerika Serikat dan sekutu tidak memberikan keputus-asaan di kalangan bangsa Jepang saat itu. Bangsa Jepang berpikir bagaimana cara untuk secara cepat mengatasi krisis yang dihadapi. Inilah perbedaan antara bangsa Jepang dengan bangsa lain. Disaat bangsa lain terlarut dengan budaya konsumerisme dan hedonisme, bangsa Jepang berpikir ke depan dengan menghemat resource yang tidak mereka miliki.

Continue reading “RAHASIA BISNIS ORANG JEPANG (review)”

“mati kutu”

pada suatu dialog via sms…

un : “aduduh pipi un tembem, un ndut ga? un bis liat cermin, pi ga bisa liat tapi kalo lepas jilbab pipi un tembem, jadi lebih gendut sekarang..”

pi : “ga kok un ga gendut, yakin deh”.. (padahal memang sih agak ndutan).

un : “mana pi tahu, un kan pake jilbab? tuh kan bener tambah ndut… hikshiks.”

pi : “…”(donno what to say, kon piye coba)

un : “…………” (nih kalo dia lagi marah.. diem)