Pembicara yang Baik


talkingBerbicara, adalah aktivitas yang paling sering kita lakukan selain bernafas dan tentu saja Facebook-an :p. Aktivitas berbicara terkadang merupakan sesuatu yang sangat menakutkan bagi beberapa orang. Akan tetapi bagi beberapa orang lainnya, berbicara merupakan hal yang sangat menyenangkan, orang macam ini saking senangnya berbicara bahkan tanpa ada orang lain disekitarnya dia tetap saja berbicara sendiri.

Seperti aktivitas lain, berbicara bukanlah suatu hal yang datang begitu saja. Tentu saja, kita harus belajar untuk mengeluarkan suara terlebih dahulu untuk bisa berbicara. Maksud saya adalah, bicara memerlukan waktu untuk menjadi sesuatu hal yang bisa menarik bagi orang lain. Maka tidak salah jika ada istilah “seni berbicara” karena memang bicara adalah suatu seni.

Pernahkah saudara memiliki teman yang sukar diajak bicara. Saya yakin, saat Anda “terpaksa” bersama teman tersebut, satu menit seperti  satu jam, satu jam serasa satu hari, dan seterusnya. Saya yakin saat-saat itu terasa menyiksa, dan mungkin Anda memilih untuk bersama seekor ular dari pada dengan teman Anda itu. Tapi, pernahkah saudara memiliki teman yang berlawanan dengan yang saya sebutkan diatas. Iya, teman yang bila kita ajak bicara, kita merasa nyaman, nyambung, dan mengalir saat berbicara dengan dia. Tidak menyadari berlalunya waktu saat menghabiskan waktu berbicara dengan dia. Hal ini dimungkinkan selain karena mungkin saudara sudah sama-sama klik dengan teman Anda, mungkin juga teman saudara memiliki  beberapa kemampuan yang mampu membuat aktivitas berbicara adalah suatu yang menyenangkan.

Dibawah merupakan beberapa ciri-ciri pembicara yang baik, saya sengaja ambil dari sebuah buku yang berjudul ” Seni Berbicara” oleh Larry King – saya yakin beberapa orang mengenal pengarang ini, kalo belum silakan google aja.

1.       Mereka memandang suatu hal dari sudut pandang yang berbeda,

mengambil titik pandang yang terduga pada hal-hal yang umum.

2.       Mereka mempunyai cakrawala yang luas.

Mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan beragam pengalaman di luar kehidupan mereka sehari-hari.

3.       Mereka antusias,

menunjukan minat besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka, maupun pada apa yang anda katakan pada kesempatan itu.

4.       Mereka tidak pernah membicarakan dirinya sendiri.


5.       Mereka sangat ingin tahu.

Mereka bertanya, ” mengapa?” Mereka ingin tahu lebih banyak mengenai apa yang anda katakan.

6.       Mereka menunjukan empati.

Mereka berusaha menempatkan diri mereka pada posisi Anda untuk memahami apa yang Anda katakan.

7.       Mereka mempunyai selera humor,

dan tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri. Sungguh, Konversasionalis terbaik sering mengisahkan pengalaman konyol mereka sendiri.

8.       Mereka punya gaya bicara sendiri.

Orang yang memiliki gaya dan pembawaan sikap dalam bicara yang unik, menjadikan diri mereka menarik dan gampang diingat.

Untuk menjadi seorang Conversationist yang baik membutuhkan waktu dan banyak-banyak sekali latihan. Jadi keep talking guys!!.

4 thoughts on “Pembicara yang Baik

  1. Melihat kriteria diatas terutama yang num#1, akan sangat berkaitan siapa lawan bicara, ngak jarang justru cara berbicara dan pemikiran num #1 yang melihat luas / cara pandang berbeda justru sulit diterima.. it’s all about user behavior

    1. “sudut pandang yang berbeda” bukan berarti “tidak masuk di akal”. memiliki sudut pandang berbeda berarti melepaskan diri dari pakem pemikiran yang common dan sering kali membosankan. Mungkin itu yang dimaksud penulis (Larry King – pen)

  2. pembicara yang baik juga harus merupakan pendengar yg baik juga..jika tidak, bagaimana pembicaraan dia mau di dengar orang lain sementara dia sendiri tidak pernah mau mendengarkan orang lain…salam kenal dari anak nongkrong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s